Upaya Peningkatan Status Kesehatan Pada Ibu dan Bayi Melalui Program Katukisasi dan Widasi di Puskesmas Mojosari Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto

Authors

  • Dyah Siwi Hety STIKes Majapahit Mojokerto
  • Ika Yuni Susanti Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Majapahit

DOI:

https://doi.org/10.30994/jceh.v3i1.26

Keywords:

Program, Katukisasi, Widasi

Abstract

WHO (World Health Organization) merekomendasikan para ibu untuk menyusui secara ekslusif selama 6 bulan, melanjutkannya dengan memberikan makanan pendamping ASI dari bahan-bahan lokal yang kaya nutrisi sambil tetap memberikan ASI sampai anak berusia 2 tahun atau lebih. Tujuan Pengabmas adalah Meningkatkan pengetahuan ibu hamil agar memahami tentang manfaat daun katuk dan ASI eksklusif di Puskesmas Mojosari Kabupaten Mojokerto.
Pertemuan kelas ibu dilakukan 4 kali pertemuan pada ibu hamil trimester III yaitu pemberian materi tentang Katukisasi dan Widasi, setelah pemberian materi di lanjutkan dengan penyerahan bibit pohon katuk. Evaluasi dilakukan sebanyak kurang lebih 5 sampai 6  kali untuk melihat kesesuaian dengan hasil kesepakatan fasilitator dengan peserta. Pada setiap pertemuan, materi kelas  ibu yang akan disampaikan adalah tentang manfaat daun katuk bagi ibu hamil dan ibu meneteki, dan dilanjutkan dengan manfaat ASI Eksklusif. Pada setiap akhir pertemuan dilakukan tanya jawab tentang materi yang telah diberikan. Kegiatan ini merupakan pemberian materi dan pemberian pohon katuk bagi ibu hamil trimester III, setelah sampai di rumah diharapkan dapat dipelajari, dipahami dan penanaman bibit pohon katuk. Waktu pertemuan disesuaikan dengan jadwal ANC terpadu di Puskesmas Mojosari, yaitu setiap hari selasa dan rabu.
Keberhasilan dari program ini di harapkan Ibu hamil dan ibu meneteki secara bersama-sama terus dan selalu berdiskusi, tukar pendapat, tukar pengalaman akan pemenuhan pelayanan kesehatan khususnya tentang manfaat daun katuk dan ASI eksklusif dibimbing oleh fasilitator.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-03-01

How to Cite

Hety, D. S., & Susanti, I. Y. (2020). Upaya Peningkatan Status Kesehatan Pada Ibu dan Bayi Melalui Program Katukisasi dan Widasi di Puskesmas Mojosari Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto. Journal of Community Engagement in Health, 3(1), 21–24. https://doi.org/10.30994/jceh.v3i1.26

Issue

Section

Articles