Transfer IPTEK Bahaya penyalahgunaan Obat pada Remaja dan pencegahannya di Pondok Muqorrobin Jalan Raya Brangkal-Mojokerto

  • Riska Aprilia Wardani Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Dian Husada Mojokerto
  • Yufi Aris Lestari
  • Kurnia Indriyanti P.S
Keywords: Remaja, Mekanisme Koping, Napza

Abstract

Dinas Kesehatan (Dinkes) Jatim dan Badan Nasional Narkotika (BNN) Jatim   menunjukan bahwa jumlah mencapai 238.680 orang atau 27,3 persen dari pengguna narkoba Jatim sebanyak 884.000 orang (Jatim newaroom, 2017). Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Surabaya, menemukan peningkatan penyalahgunaan narkoba dalam dua tahun terakhir. Di tahun 2016 di temukan 84 pelajar di kota surabaya menjadi pengguna narkoba dan sedang menjalani proses rehabilitasi. Dari jumlah itu menunjukan peningkatan pada tahun 2017 yaitu 101 pelajar dengan kecanduan narkoba dan pil dobel L. Kebanyakan dari mereka adalah pelajar dari 4 SD, 63 SMP, 34 SMA (Jatimtimes,Surabaya 2018).

Semakin meningkatnya penyalahgunaan napza dikalangan remaja di sebabkan oleh faktor-faktor pencetus seperti depresi, kegagalan dalam pencapaian harapan, kondisi fisik, psikologis, sedangkan untuk faktor pendukung diantaranya: perpisahan orang tua, pengaruh lingkungan sekitar dan sekolah, gaya pergaulan, adanya pembulian, dan pengaruh teman sebaya. Remaja merupakan usia rentan terpengaruhi oleh hal baru tidak terkecuali rasa ingin tahu mengenai banyak hal yang menurutnya menarik untuk di coba, seperti (alkohol, sabu, narkoba, obat/pil terlarang). Mereka menganggap bahwa dengan mengonsumsi itu semua kan membuatnya merasakan sensasi seperti fly atau melayang dan menghilangkan sedikit pikiran dalam otak yang selama ini menumpuk.

Pencegahan pengguna napza pada remaja sebagian besar bias dilakukan dengan menggunakan mekanisme koping yang positif antara lain olahraga, bercanda, dan bercerita.

Untuk meningkatkan kemampuan mekanisme koping pada remaja dibutuhkan sosialisasi yang maksimal, sehingga dapat menggunakan mekanisme koping yang benar dalam pengambilan keputusan suatu permasalahan.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
Wardani, R., Lestari, Y., & P.S, K. (1). Transfer IPTEK Bahaya penyalahgunaan Obat pada Remaja dan pencegahannya di Pondok Muqorrobin Jalan Raya Brangkal-Mojokerto. Journal of Community Engagement in Health, 4(2), 383-387. https://doi.org/10.30994/jceh.v4i2.256